Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi : Menyuting Karangan
dengan Berpedoman pada Ketepatan Ejaan
Kelas/Semester : IX/2
Metode
Mengajar : Metode Ceramah Plus
Metode
Pembelajaran : Metode Diskusi, Metode Kerja Kelompok Kecil
Strategi
Pembelajaran : Strategi Pembelajaran Cooperative
Learning
Waktu : 2 X 35 (70) menit
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta Didik diharapkan bisa membuat subuah karangan dengan kata ejaan yang tepat.
2. Peserta Didik diharapkan mengetahui Pola-pola/ kaidah-kaidah dalam Penyutingan sebuah karangan.
3. Peserta Didik mampu membuat dan menyuting sebuah karangan dengan benar.
4. Dengan diadakannya diskusi peserta didik diharapkan mampu membina kerja sama, sehingga interaksi dalam kelas lebih baik.
5. Dengan pemberian tugas Peserta Didik diharapkan mampu menjelaskan kembali materi yang di sampaikan oleh Guru.
A. Cara guru mengajar
pada siswa
1. Guru menerangkan tentang cara
Menyuting Karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan dan siswa disuruh
mendengarkan.
2. Guru menyuruh Siswa untuk bertanya,
jika ada yang kurang jelas tentang apa yang diterangkannya tadi.
3. Guru menyuruh membuat Siswa membuat
kelompok
4. Guru menyuruh siswauntuk berdiskusi
dengan kelompok mereka mengenai Membuat sebuah Karangan dengan berpedoman pada
ketepatan ejaan
5. Guru menyuruh agar setiap kelompok
untuk membuat sebuah karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, yang
berdasarkan apa yang guru tadi terangkan.
6. Guru menyuruh perwakilan (satu siswa)
dari 1 kelompok untuk menjelaskan hasil dari tugas kelompok mereka.
B. Kegiatan yang
dilakukan Guru
1. Kegiatan Awal : 10 menit
1. Kegiatan Awal : 10 menit
a. Guru mengkondisikan siswa untuk siap
belajar.
b. Guru bertanya kepada siswa tentang Menyuting karangan dengan berpedoman
pada ketepatan ejaan.
c. Guru memotivasi siswa untuk mengikuti
kegiatan yang akan dilakukan dengan menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan
Inti : 45 menit
a. Guru menerangkan tentang cara
Menyuting Karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan dan siswa disuruh
mendengarkan
b. Guru menyuruh Siswa untuk bertanya,
jika ada yang kurang jelas tentang apa yang diterangkannya tadi.
c. Guru menyuruh Siswa untuk bertanya,
jika ada yang kurang jelas tentang apa yang diterangkannya tadi.
d. Guru membagi beberapa siswa menjadi
beberapa kelompok.
e. Setiap siswa disuruh berdiskusi
dengan masing-masing siswa kelompoknya mengenai Membuat sebuah Karangan dengan
berpedoman pada ketepatan ejaan.
f.
Masing-masing
kelompok disuruh untuk Membuat sebuah Karangan dengan berpedoman pada ketepatan
ejaan, yang berdasarkan apa yang guru tadi terangkan.
g. Masing-masing kelompok diharuskan ada
satu perwakilan (satu siswa) yang disuruh untuk menjelaskan hasil dari tugas
kelompoknya.
3. Kegiatan
Akhir : 15 menit
a. Penutup Pelajaran
b. Memberi Evaluasi
c. Memberi Saran
C. Evaluasi
Evaluasi disini maksudnya adalah
1. Guru
melihat hasil kerja dari masing-masing kelompok, yang masing-masing kelompok
diberi tugas tentang Membuat dan menyuting Karangan dengan berpedoman pada
ketepatan ejaan.
2. Guru
memberi sebuah penilaian tentang hasil dari tugas setiap masing-masing
kelompok. Selanjutnya nilai tersebut akan menjadi nilai tambahan untuk rapor
mereka.
D.
Cara Menyampaikan Materi di Kelas
Guru
dalam melaksankan kegiatan pembelajaran, untuk mengawali pelajaran lebih dulu
memberi salam kepada anak didik atau yang disebut dengan salam pembuka. Dalam
mengucapkan salam pembuka kita harus melihat situasi dan kondisi anak didik
yang kita hadapi, seperti kita masuk dalam
lingkungan SMP.
Pertama-tama
guru harus mengucapkan salam, dengan ucapan Assalamuallaikum baru dilanjutkan
dengan selamat pagi.
Setelah itu guru melakukan asosialisasi agar situasi lingkungan dalam
kelas menjadi tenang, setelah kelas
menjadi tenang dan perhatiannya siswa
sudah tertuju pada guru, maka guru harus memberikan tujuan pembelajaran
(Materi) seperti “ Menyuting
Karangan dengan Berpedoman pada Ketepatan Ejaan”.
Ketika judul materi dan
tujuan pembelajaran sudah disampaikan, maka guru hendaknya bertanya kepada anak
.
Contoh:
adakah diantara kalian yang mengetahui cara menyuting karangan dengan ejaan
yang tepat?
Setelah guru bertanya pada para siswa
dan tidak ada satupun siswa yang menjawab atau siswa menjawab dengan jawaban
tidak bisa, maka guru harus memberi ulasan sedikit mengenai materi “Menyuting
Karangan dengan Berpedoman pada Ketepatan Ejaan”.
Guru menyampaikan Pokok-Pokok
mengenai meteri dan menerangkan bahwa menyuting karangan merupakan proses
pembenahan sebuah teks karangan sebelum menjadi teks karangan yang siap
disajikan, dinilaikan, ataupun dipresentasikan. Penyutingan bertujuan untuk
menghidarkan teks karangan dari kesalahan-kesalahan, baik menyangkut isi maupun
penggunaan bahasa dengan cara mengkoreksi isi tulisan dengan cermat dan teliti.
Dalam penyutingan, penyutingan
diwajibkan mengetahui beberapa kaidah yaitu
1. Kaidah menggunakan ejaan, yaitu
penggunaan huruf capital dan pemakaian huruf miring.
2. Kaidah penggunaan tanda baca, yaitu
tanda titik, koma, dan petik dua.
3. Menentukan kalimat dengan
memperhatikan dengan memperhatikan tanda baca dan ejan.
Ketika
guru selesai menerangkan, maka guru harus membagi siswa menjadi beberapa
kelompok yang masing-masing kelompok terdiri 2-5 orang. Setelah guru selesai membagi kelompok, maka guru memberi sebuah karangan untuk setiap kelompok, agar
siswa diharapkan bisa membenahkan karangan tersebut dan menyuruh agar setiap kelompok
membuat sebuah karangan yang tepat ejaannya.
Tugas
masing-masing kelompok yaitu
1. Setiap kelompok disuruh untuk membenahkan
karangan yang diberikan guru tadi.
2. Setiap
kelompok disuruh membuat karangan yang ejaan yang tepat.
3. Setiap
kelompok diwajibkan ada 1 siswa yang mewakili kelompoknya untuk menerangkan
hasil dari tugas kelompok.
Yang
terakhir adalah penutup. Bagian ini
merupakan bagian akhir dalam pengajaran, sebelum waktu selesai guru dapat
menenyakan materi yang telah disampaikan,
untuk membantu siswa mengigat materi Sambil
mengevaluasi hasil dari tugas kelompok tadi.
Evaluasi disini maksudnya adalah
1. Guru melihat hasil kerja dari
masing-masing kelompok, yang masing-masing kelompok diberi tugas tentang
Membuat dan menyuting Karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan.
2. Guru memberi sebuah penilaian tentang
hasil dari tugas setiap masing-masing kelompok. Selanjutnya nilai tersebut akan
menjadi nilai tambahan untuk rapor mereka.
Setelah evaluasi selesai, jika ada
dari hasil evaluasi tentang tugas yang kurang memuaskan, maka guru harus bisa
memberi saran agar tentang cara
menyuting karangan dengan ejaan yang tepat, bertujuan supaya kedepannya menjadi
lebih baik.
0 komentar:
Posting Komentar