Tugas Menyusun Media Pembelajaran B

Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Materi                          : Menyuting Karangan dengan Berpedoman pada Ketepatan Ejaan
Kelas/Semester            : IX/2
Metode Mengajar        : Metode Ceramah Plus
Metode Pembelajaran  : Metode Diskusi, Metode Kerja Kelompok Kecil
Strategi Pembelajaran   : Strategi Pembelajaran Cooperative Learning
Waktu                          : 2 X 35 (70) menit
  
Tujuan Pembelajaran     :  
1. Peserta Didik diharapkan bisa membuat subuah karangan dengan kata ejaan yang tepat.  
2. Peserta Didik diharapkan mengetahui Pola-pola/ kaidah-kaidah dalam Penyutingan sebuah karangan.  
3. Peserta Didik mampu membuat dan menyuting sebuah karangan dengan benar.  
4. Dengan diadakannya diskusi peserta didik diharapkan mampu membina kerja sama, sehingga interaksi dalam kelas lebih baik. 
5. Dengan pemberian tugas Peserta Didik diharapkan mampu menjelaskan kembali materi yang di sampaikan oleh Guru.
A. Cara guru mengajar pada siswa
1.      Guru menerangkan tentang cara Menyuting Karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan dan siswa disuruh mendengarkan.
2.      Guru menyuruh Siswa untuk bertanya, jika ada yang kurang jelas tentang apa yang diterangkannya tadi.
3.      Guru menyuruh membuat Siswa membuat kelompok
4.      Guru menyuruh siswauntuk berdiskusi dengan kelompok mereka mengenai Membuat sebuah Karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan
5.      Guru menyuruh agar setiap kelompok untuk membuat sebuah karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, yang berdasarkan apa yang guru tadi terangkan.
6.      Guru menyuruh perwakilan (satu siswa) dari 1 kelompok untuk menjelaskan hasil dari tugas kelompok mereka.
B. Kegiatan yang dilakukan Guru 
      1. Kegiatan Awal : 10 menit
a.   Guru mengkondisikan siswa untuk siap belajar.
b.  Guru bertanya kepada siswa  tentang Menyuting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan.
c. Guru memotivasi siswa untuk mengikuti kegiatan yang akan dilakukan dengan menyampaikan tujuan pembelajaran.
            2. Kegiatan Inti    : 45 menit
a.     Guru menerangkan tentang cara Menyuting Karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan dan siswa disuruh mendengarkan
b.  Guru menyuruh Siswa untuk bertanya, jika ada yang kurang jelas tentang apa yang diterangkannya tadi.
c.  Guru menyuruh Siswa untuk bertanya, jika ada yang kurang jelas tentang apa yang diterangkannya tadi.
d.    Guru membagi beberapa siswa menjadi beberapa kelompok.
e.  Setiap siswa disuruh berdiskusi dengan masing-masing siswa kelompoknya mengenai Membuat sebuah Karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan.
f.   Masing-masing kelompok disuruh untuk Membuat sebuah Karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, yang berdasarkan apa yang guru tadi terangkan.
g. Masing-masing kelompok diharuskan ada satu perwakilan (satu siswa) yang disuruh untuk menjelaskan hasil dari tugas kelompoknya.
          3. Kegiatan Akhir            : 15 menit
a.      Penutup Pelajaran
b.      Memberi Evaluasi
c.       Memberi Saran

C. Evaluasi
           
 Evaluasi disini maksudnya adalah
                    1. Guru melihat hasil kerja dari masing-masing kelompok, yang masing-masing kelompok diberi tugas tentang Membuat dan menyuting Karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan.
            2. Guru memberi sebuah penilaian tentang hasil dari tugas setiap masing-masing kelompok. Selanjutnya nilai tersebut akan menjadi nilai tambahan untuk rapor mereka.

D. Cara Menyampaikan Materi di Kelas
Guru dalam melaksankan kegiatan pembelajaran, untuk mengawali pelajaran lebih dulu memberi salam kepada anak didik atau yang disebut dengan salam pembuka. Dalam mengucapkan salam pembuka kita harus melihat situasi dan kondisi anak didik yang kita hadapi, seperti kita masuk dalam  lingkungan  SMP.
Pertama-tama guru harus mengucapkan salam, dengan ucapan Assalamuallaikum baru dilanjutkan dengan selamat pagi.
 Setelah itu guru melakukan  asosialisasi agar situasi lingkungan dalam kelas menjadi tenang,  setelah kelas menjadi tenang dan  perhatiannya siswa sudah tertuju pada guru, maka guru harus memberikan tujuan pembelajaran (Materi) seperti “ Menyuting Karangan dengan Berpedoman pada Ketepatan Ejaan”.
Ketika judul materi dan tujuan pembelajaran sudah disampaikan, maka guru hendaknya bertanya kepada anak .
Contoh: adakah diantara kalian yang mengetahui cara menyuting karangan dengan ejaan yang tepat?
Setelah guru bertanya pada para siswa dan tidak ada satupun siswa yang menjawab atau siswa menjawab dengan jawaban tidak bisa, maka guru harus memberi ulasan sedikit mengenai materi “Menyuting Karangan dengan Berpedoman pada Ketepatan Ejaan”.
Guru menyampaikan Pokok-Pokok mengenai meteri dan menerangkan bahwa menyuting karangan merupakan proses pembenahan sebuah teks karangan sebelum menjadi teks karangan yang siap disajikan, dinilaikan, ataupun dipresentasikan. Penyutingan bertujuan untuk menghidarkan teks karangan dari kesalahan-kesalahan, baik menyangkut isi maupun penggunaan bahasa dengan cara mengkoreksi isi tulisan dengan cermat dan teliti.
Dalam penyutingan, penyutingan diwajibkan mengetahui beberapa kaidah yaitu
1.      Kaidah menggunakan ejaan, yaitu penggunaan huruf capital dan pemakaian huruf miring.
2.      Kaidah penggunaan tanda baca, yaitu tanda titik, koma, dan petik dua.
3.      Menentukan kalimat dengan memperhatikan dengan memperhatikan tanda baca dan ejan.
Ketika guru selesai menerangkan, maka guru harus membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang masing-masing kelompok  terdiri 2-5 orang. Setelah  guru selesai membagi kelompok, maka guru memberi  sebuah karangan untuk setiap kelompok, agar siswa diharapkan bisa membenahkan karangan tersebut dan menyuruh agar setiap kelompok membuat sebuah karangan yang tepat ejaannya.
Tugas masing-masing kelompok yaitu
1.       Setiap kelompok disuruh untuk membenahkan karangan yang diberikan guru tadi.
2.      Setiap kelompok disuruh membuat karangan yang ejaan yang tepat.
3.      Setiap kelompok diwajibkan ada 1 siswa yang mewakili kelompoknya untuk menerangkan hasil dari tugas kelompok.
Yang terakhir adalah penutup.  Bagian ini merupakan bagian akhir dalam pengajaran, sebelum waktu selesai guru dapat menenyakan materi yang telah  disampaikan, untuk membantu siswa mengigat materi  Sambil mengevaluasi  hasil dari tugas kelompok tadi.

Evaluasi disini maksudnya adalah
1. Guru melihat hasil kerja dari masing-masing kelompok, yang masing-masing kelompok diberi tugas tentang Membuat dan menyuting Karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan.
2. Guru memberi sebuah penilaian tentang hasil dari tugas setiap masing-masing kelompok. Selanjutnya nilai tersebut akan menjadi nilai tambahan untuk rapor mereka.
Setelah evaluasi selesai, jika ada dari hasil evaluasi tentang tugas yang kurang memuaskan, maka guru harus bisa memberi  saran agar tentang cara menyuting karangan dengan ejaan yang tepat, bertujuan supaya kedepannya menjadi lebih baik.

Penulis : Light ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Tugas Menyusun Media Pembelajaran B ini dipublish oleh Light pada hari Sabtu, 07 Juli 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Tugas Menyusun Media Pembelajaran B
 

0 komentar:

Posting Komentar